Karya I Made Andi Arsana, ST., ME Batas Maritim Antarnegara - Sebuah Tinjauan Teknis dan Yuridis (Gadjah Mada University Press, 2007) more...

Friday, May 04, 2007

Pelanggaran hak cipta di Kaltim Post

Tidak sengaja saya menemukan kejanggalan di Kaltim Post. Ada tulisan saya dimuat perihal batas desa tetapi TIDAK mencantumkan nama saya sebagai penulis. Tulisan ini memang saya kirim kepada redaksi opini Kaltimpost beberapa waktu lalu dengan harapan bisa dimuat. Harapan saya memang terpenuhi, tetapi ternyata identitas saya dikorupsi.

Saat berita ini saya buat, saya sudah mengirimkan email kepada Kaltimpost. Isinya seperti ini:

Dear Redaksi Kaltimpost
(Attn. Bapak Ridwan Alkaf)

Hari ini saya menemukan kejanggalan di Kaltim Post.
Saya membaca tulisan yang saya kirim ke Kaltim Post beberapa waktu lalu dan dimuat tanggal 16 April 2007.

Saya yakin tulisan tersebut adalah sepenuhnya karya saya, tetapi pada pemuatannya tidak mencantumkan nama saya sebagai penulis.

Tulisan yang saya maksud adalah:
http://www.kaltimpost.web.id/berita/index.asp?IDKategori=Opini&id=207116

Saya yakin, ini adalah rubrik opini yang seharusnya mencantumkan nama penulisnya, seperti juga opini lain di koran tersebut. Saya amati selalu ada nama penulis di bagian bawah tulisan. Saya mohon penjelasan mengapa hal ini terjadi? Apakah 'kesalahan' ini hanya terjadi pada edisi online? Bagaimana dengan edisi cetak? Jika pada edisi cetak tidak terjadi kesalahan, saya mohon diberikan buktinya pada saya.

Jika ini adalah kesalahan entah sengaja atau tidak, saya menganggapnya sebagai sesuatu yang serius. Kaltim post harus merespon in secara proporsional. Jika ternyata saya salah mengamati, mohon informasinya.

Sekedar informasi, saya menulis di banyak harian nasional dan internasional, termasuk menulis buku dan jurnal. Saya sangat memperhatikan hal-hal seperti ini. Saya benar-benar membutuhkan tanggapan segera dari Kaltim Post.

Demikian penyampaian saya, semoga berkenan dan direspon sesegera mungkin.

Salam
Andi
Mari kita tunggu penjelasan dari Kaltim Post untuk saya.
Oh ya, kalau-kalau Kaltim Post buru-buru membubuhkan nama saya pada artikel yang saya maksud, jangan khawatir, saya sudah meng'capture' untuk jaga-jaga. Silahkan simak di sini.

No comments: